3 Des 2014

BAKSO MALANG


03.22 |


Saya pribadi sebetulnya tidak begitu mengetahui, kenapa kota Malang atau kota Batu terkenal akan kuliner yang disebut sebagai Bakso Malang. Orang-orang selalu mengatakan kota Malang atau kota Batu terkenal akan Bakso Malang. Bahkan saat ini Bakso telah menjadi icon kuliner kota Malang selain buah apel. Mungkin Bakso ini lebih terasa nikmat di makan di kota Malang atau Batu yang memiliki udara dingin, sedangkan bakso sendiri disajikan dengan kuah dan panas.

Bakso Malang

Hampir di setiap penjuru Malang atau Batu, anda akan dapat menemukan penjual Bakso. Saya pribadi tidak merekomendasikan salah satu pedagang Bakso manapun yang memiliki cita rasa khas ataupun yang rasanya luar biasa, karena hampir semua pedagang bakso di Malang, khususnya di daerah Batu itu pasti memiliki rasa yang lebih enak dibandingkan di kota lain. Mungkin bisa saya ambilkan contoh sederhana lainnya adalah ketika anda makan pempek di daerah Palembang, atau bisa juga makan siomay di Bandung. Tentunya rasa kedua kuliner tersebut akan lebih enak di daerah asalnya.

Berbicara mengenai sejarah Bakso sendiri sepertinya tidak dapat dilepaskan dari etnis Tiong Hoa. Bakso Dalam bahasa hokkian, Bak itu berarti Babi. Sedangkan So memiliki arti Makanan.  Bakso sendiri identik dengan daging yang dibentuk bulat, seperti bola. Dikarenakan penduduk Indonesia mayoritas beragama Muslim, maka bakso di Indonesia ini pada umumnya terbuat dari daging sapi. Namun, pada perkembangannya sekarang terdapat banyak sekali variasa dari Bakso. Ada bakso bakar, bakso yang berisikan telur, keju, bahkan bakso yang berasal dari daging lain, seperti bakso ikan.





Untuk resep bakso, saya akan mencoba meminta pada seseorang yang pernah menghidangkan bakso yang menurut saya memiliki citarasa yang berbeda, akan tetapi Beliau bukan penjual atau pedagang bakso, dan bakso bikinan Beliau tidak ada vitsin atau msg-nya. Mungkin itulah yang menjadikan rasa baksonya berbeda dan enak. Nantikan artikel berikutnya mengenai resep Bakso Malang yang ueeenaaakkkk



You Might Also Like :


4 komentar:

Repuklik Coin mengatakan...

ciri khas bakso malang apa yg pling menonjol gan ?

republik coin mengatakan...

apa sih ciri kas bakso malang mas ?

Michael mengatakan...

wah klo denger bakso mah udah identik banget sama bakso malang deh haha
udah terkenal abis dari baksonya empuk kuahnya wangi hha :D

kresna bayu mengatakan...

Malang memang terkenal dengan baksonya, ya itu salah satu kuliner favorit. Ketika berkunjung di Malang pasti banyak di temui penjual bakso. Rekomendasi jika ingin menikmati kuliner malang sekaligus berwisata di candi singosari tepat di depannya namun tidak di pinggir jalan, bakso Cak Kar namanya.