3 Jun 2015

Air Terjun Pantai Malang


12.57 |

Sebenernya saya bingung, ini mau saya kasih judul Pantai atau Air Terjun ya? karena di sini ada sebuah air terjun tiga tingkat yang langsung mengarah ke laut setelah melalui sebuah pantai. Mungkin, ini adalah wisata alam yang langka ada di dunia, sebuah air terjun yang langsung mengarah ke laut dengan kondisi pantai yang landai. Anda tidak akan mendapatkan batu karang seperti halnya terdapat di laut selatan. Pantai ini cenderung aman, meskipun untuk anak anak. Kondisi ombaknya sangat bersahabat karena tertutup oleh tanjung berbentuk U, sehingga ganasnya ombak laut selatan tidak langsung mengarah ke pantai.

Air Terjun Banyu Anjlok

Perjalanan ini awalnya bukan murni karena saya tahu letak pantai ini, melainkan karena ketertarikan saya tentang asal muasal kopi Dampit atau lebih dikenal dengan kopi Amstirdam yang telah mendunia. Saya belum mengetahui, bahkan informasi di dunia online mengenai pantai ini masih sangat minim. Menemukan pantai ini kebetulan saja, karena saya sedang tersesat dan melihat lihat area sekitar dengan google map. Disana saya tertarik dengan pola pantai yang seperti membentuk tanjung huruf U. Rasa penasaran menuntun jiwa petualang untuk mencapai deretan pantai Malang yang memang masih alami karena jarang terekspos.




Perjalanan menuju deretan pantai Malang ini melalui perkebunan kopi yang dikenal sebagai PT Perkebunan Nusantara XII atau PTPN XII Kalibakar dengan latar belakang megahnya gunung semeru. Dari kecamatan Dampit, masih diperlukan waktu sekitar 90 menit untuk mencapai Pantai tujuan yang dikenal sebagai Pantai Lenggoksono. Jalan menuju kesana relatif baik, meskipun harus berliku-liku dan naik turun pegunungan.

Tanjung


Setiba di Pantai Lenggoksono, saya cukup kecewa. Kesan pantai ini tak jauh beda dengan pantai - pantai lainnya yang tak jauh dari pemukiman penduduk, kondisi pantai dengan hawanya yang panas, sampah berserakan dimana-mana dan nampak berantakan. Angin tidak terlalu kencang dan ombaknya berdebur tenang. Apa istimewanya tempat ini?

Pantai Lenggoksono

Disela istirahat setelah menempuh perjalanan yang lumayan jauh, saya ngobrol dengan penduduk setempat di sebuah warung kopi mengenai pantai-pantai di sekitar kawasan Desa Lenggoksono. Masyarakat sekitar sana merekomendasikan mengenai Pantai Bolu Bolu dan Pantai Banyu Anjlok (air jatuh) untuk dikunjungi. Hanya saja untuk mencapai kedua pantai tersebut haruslah dengan menggunakan perahu untuk menyeberang.

Perjalanan kami dimulai dengan mengarungi laut menggunakan sebuah perahu kecil bermotor yang bisa dinaiki maksimal sekitar 10 orang. Kondisi cuaca saat itu cukup bersahabat, ombak yang berdebur kecil dan awan yang mendung sehingga tidak terlalu panas. Apalagi perjalanan kali ini kita membawa 3 balita.

Tujuan kami pertama adalah Pantai Bolu Bolu. Saat kami tiba disini, kami terpukau. Pantai ini selain sepi, juga masih bersih. Beda dengan kebanyakan pantai pantai di Malang pada umumnya. Kami benar benar merasakan nyaman disini. Kondisi ombak yang tenang, suasana yang nyaman, pantai yang bersih, gugusan karang yang menjadikan bentuk pantai ini makin indah, bahkan banyak beberapa mata air tawar yang mengarah langsung ke pantai sehingga kami merasa tidak lengket bermain main di salah satu pantai yang masih alami ini.






 Pasir Bersih Tanpa Sampah

Apabila anda memiliki anak anak kecil, pantai ini saya rekomendasikan. Selain bersih dan tenang, ombak disini relatif kecil. Berbeda dengan ombak laut selatan jawa pada umumnya Akan tetapi anda tetap juga harus waspada mengawasi putra dan putri anda bermain disini.



 

Setelah bosan kami bermain main di Pantai Bolu Bolu, kami menghubungi kembali tukang perahu untuk minta dijemput. Tujuan berikutnya adalah Pantai Banyu Anjlok.





You Might Also Like :


16 komentar:

Kevin mcmahon mengatakan...

Wah indah nian gan, jadi fengen kesana :D

Kevin mcmahon mengatakan...

Wah indah nian gan

wilda mengatakan...

yak sudah mulai ramai pantai banyu anjloknya :3

Penginapan Villa Murah di Batu Malang Terbaru 2015

Nirvana Group mengatakan...

wiihhh..pantainya masih asri, airnya ijo gituu..gak kalah nih sama wisata di Jogja

Parahita Tour mengatakan...

Mau tanya. kalau dari malang kota, daerah ini bisa di tempuh berapa lama yah ?
Beberapa bulan lalu saat ada tugas kantor dari parahita bali tour, kami sempat ke kota malang sekalian liburan seru, sayangnya baru tau kalau ada tempat yang se-keren ini. Mungkin jika tau pasti langsung bisa meluncur kesana.

Agen Pulsa Online mengatakan...

wahh..pantainya sangat bersih ya gan..?
sangat menakjubkan lah pantai malang ni gan.

Wisata Indonesia mengatakan...

Kayaknya seru ni kesana gan, kapan2 saya dan keluarga mau dah kesana, tapi sekarang tunda dulu, anak masih kecil

abdolgofo mengatakan...

indah sekali tempatnya gan, sepi, serasa pulau pribadi...heheh...mantaps
liburankami.com

Pengobatan Bisul Tanpa Operasi mengatakan...

Kota malang memang keren ...

Danu Adji mengatakan...

Tahun baru rencana mau ke malang agan, dan mudah mudahan bisa sampai pantai ini.

Furniture Jepara mengatakan...

Tempat Wisata yang sangat indah sekali., jadi pengin liburan kesana dah.

wisat tour pulau pari murah mengatakan...

memang sangat indah tempatnya,jadi pengin ke situ..

Yuniar Adiningtiyas mengatakan...

Sebelah mana ini ya mas?? Bagus sekali pantainya? Ni fotonya juga bagus mas.. pake kamera seri berapa?? 😁😁😁

Bagus Rochadi mengatakan...

@Yuniar : ini fotonya cuma pake kamera hp kok. Kan da kubilang, kalau tekhnik sih ga seberapa tinggi, tapi passionnya itu lho. Aku sendiri saja sampai terkagum kagum sama kemampuanku sendiri kok sampai begitu hebatnya...

Yuniar Adiningtiyas mengatakan...

Hahahaahha... yakinn??? Suerrr?? Ya sy akuin . Apik se.. apalagi lek moto aq dan jadi kek isyana sarasvati.. begh jempol ku papat tak duduhno mas hahahah

Miqdad mengatakan...

wah keren dan memepesona.... sayang... saya belum kesana... boleh nih saya diajakin....