4 Des 2015

WISATA BERKEBUN


15.04 |

Wisata berkebun atau kami menyebutnya sebagai Eco Tourism Education atau dalam Bahasa Indonesia didefinisikan sebagai  salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.






Ekowisata ini dimulai ketika dirasakan adanya dampak negatif pada kegiatan pariwisata konvensional. Dampak negatif ini bukan hanya dikemukakan dan dibuktikan oleh para ahli lingkungan tapi juga para budayawan, tokoh masyarakat dan pelaku bisnis pariwisata itu sendiri. Dampak berupa kerusakan lingkungan, terpengaruhnya budaya lokal secara tidak terkontrol, berkurangnya kepedulian dan peran serta masyarakat setempat serta persaingan bisnis yang mulai mengancam lingkungan, budaya dan ekonomi masyarakat setempat. Ekowisata biasanya melibatkan perjalanan ke tujuan mana flora, fauna, dan warisan budaya adalah atraksi utama. Salah satu tujuan ekowisata adalah untuk menawarkan wisatawan wawasan tentang dampak manusia terhadap lingkungan, dan untuk menumbuhkan apresiasi yang lebih besar dari habitat alam kita.

Eco Education Tourism ini bekerja sama dengan petani lokal yang telah berpengalaman puluhan tahun dalam membudidayakan tanaman hias, tanaman obat, tanaman buah dan sayur sayuran. 

Berbeda dengan liburan pada umumnya, wisata berkebun ini mengajari siapapun untuk belajar mencintai lingkungan dimulai dari berkebun. Foto foto ini adalah ketika siswa siswa dari SMPK Penabur Cirebon belajar berkebun dari awal dimulai dengan menanam strawberry.

Sebelum praktik secara langsung, siswa siswa dari SMPK Penabur Cirebon ini dibekali dulu mengenai jenis-jenis tanah dan teori dasar berkebun, mulai dari pembibitan, sistem stek tanaman dan lain sebagainya. Mentornya adalah Bapak Yuli Andoko, seorang petani lokal yang ahli dalam bidang tanaman. Mas Yuli sendiri selain ahli dalam bidang tanaman, Beliau juga ahli dalam bidang pertamanan.



Usai pembekalan singkat, siswa siswi SMPK Penabur Cirebon langsung praktek didampingi oleh Bapak Yuli. Setiap siswa diberikan media untuk menanam strawberry.

 
 


Strawberry hasil karya masing masing siswa sudah selesai, dan setiap siswa dapat membawa pulang tanaman hasil karyanya masing-masing.

Kami dari Indonesian Super Guide menawarkan berbagai pengalaman, program pendidikan lingkungan yang menginspirasi siswa untuk meningkatkan kinerja akademis mereka, keterlibatan sipil dan kepedulian terhadap lingkungan. Kami bermitra dengan sekolah-sekolah umum, swasta dan kurikulum pendidikan lingkungan yang dapat diintegrasikan ke dalam sekolah menengah dan kelas SMA. Kami juga mendukung pendidik dengan menawarkan mentoring, pembinaan dan pengalaman pengembangan profesional yang dapat memperdalam basis pengetahuan disiplin dan / atau meningkatkan strategi pengajaran mereka yang berkaitan dengan metodologi KKN. 

Apabila anda secara pribadi, organisasi, atau sekolah berminat untuk menjadikan Eco Education Tourism ini sebagai salah satu tujuan pembelajaran dan liburan, anda dapat menghubungi kami di : 

Indonesian Super Guide
Jl. Munif No.03 kota Batu 65314 – Jawa Timur
Email                :  bagus@indonesiansuperguide.com
Phone               :  (0341) 592341
Phone / sms      :  085646764111
WhatsApp        :  081282573685
Pin BB              :  56F99958

Untuk Videonya :


 


You Might Also Like :


12 komentar:

brili download mengatakan...

wah jadi pengen kesana gan.. kapan2 deh ya kalau ada uang hehe

traveling to raja ampat mengatakan...

bener banget neh,biar anak-anak mengenal dan dapat menjaga lingkungan...

Sedot WC Rp.65.000,- mengatakan...

thanks gan infonya menarik sekali
share terus info yang menarik lainnya
menambah wawasan dan menarik untuk berkunjung

kelebihan STARBIO Plus dari produk lain mengatakan...

bagus nih gan menganjarkan anak anak untuk berkebun
terima kasih banyak atas infonya share terus info menarik lainnya

Regita Cahyani mengatakan...

bener juga nih..
selain berwisata, banyak juga pengetahuan yang bakal kita dapet.. bener gak??
heheh
cara mudah memilih tempat wisata dengan online

jasa renovasi kolam mengatakan...

wah ini inspiratif banget gan, jadi bisa nambah wawasan buat yang baca dan terutama buat anak-anak..

wisata alam mengatakan...

Memilih liburan menuju wisata kebun adalah salah satu tempat yang cocok sekali untuk keluarga, kita bisa mengajak anak-anak bermain sambil belajar.

iwan fals mengatakan...

anak sekolah memang harus lebih banyak belajar diluar.

Riani mengatakan...

kalo tempat beli apel yang bisa metik sendiri dimana kak ?

Kang Wahyu mengatakan...

ane malah salah fokus ke cewenya gan :V

NONTON FILM ONLINE mengatakan...

luar biasa memang tempat wisatanya gan,,,
trimakasih buat infonya gan,,

outbound malang mengatakan...

nice article... terimakasih sudah berkunjung ke Batu. jangan lupa coba juga wisata yang edukatif dan menyenangkan di outbound Malang.