12 Apr 2014

KOTA BATU


18.15 |

Kota Batu merupakan sebuah kota yang berada di Propinsi Jawa Timur. Keistimewaan kota ini adalah kondisi geografisnya yang dikelilingi oleh lembah pegunungan sehingga menjadikan kota Batu sebagai sebuah daerah yang dikenal karena berhawa sejuk/dingin. Gunung – gunung yang mengelilingi kota Batu, diantaranya adalah : Gunung Arjuna, Gunung Welirang, Gunung Gunung Anjasmoro, Gunung Panderman, Gunung Kawi, dan Gunung Banyak.


  


Foto Kota Batu dari Atas Pegunungan

Sejak era zaman kerajaan, kota Batu dikenal sebagai salah satu tempat peristirahatan. Hal ini diketahui dari sebuah candi yang disebut candi Songgoritiyang merupakan awal mula dari peradaban yang ada di kota Batu. Candi Songgoriti merupakan bekas peninggalan Kerajaan Singashari. Dari prasasti dan cerita, dulu pada era kerajaan Singashari, seorang raja yang bernama Raja Sindok mengurus seorang Empu (pembuat benda pusaka) yang bernama Empu Supo untuk mencari tempat peristirahatan. Empu Supo ini berjalan menuju barat, dan sampailah di sebuah lembah pegunugan yang terdapat sebuah mata air yang cukup sejuk.

Di mata air ini, Empu Supo mendirikan sebuah Candi yang kemudian dikenal sebagai Candi Songgoriti. Mata air tersebut berada di dalam Candi. Berdasarkan legenda pula, mata air yang semula dingin menjadi panas dikarenakan mata air Songgoriti ini sering dipergunakan untuk mencuci benda – benda pusaka.

Reruntuhan Candi Songgoriti

Pada masa kolonial, Belanda mendirikan sebuah tempat peristirahatan yang kemudian dikenal sebagai Selecta (pilihan). Di Selecta ini terdapat kolam renang yang memiliki mata air yang cukup dingin dan segar. Pemandangan taman bunga, pohon pinus, dan udara segar menjadi alas an Belanda menjadikan Selecta sebagai salah satu tempat peristirahatan. Bahkan tokoh proklamator kita, Bung Karno dan Bung Hatta pernah mengunjungi selecta dan memberikan kenang kenangan yang takkan terlupa bagi para masyaraakat yang ada di Selecta saat itu.

wasiat Bung Karno

Tanah di kota Batu sangatlah subur sehingga menjadikan penduduk kota ini bermata pencaharian utama sebagai petani dan pedagang. Sentra agrobisnis merupakan faktor perekonomian masyarakat kota Batu. Namun saat ini, dengan maraknya destinasi wisata, kota Batu diberikan nama baru menjadi Kota Wisata Batu. Ada berbagai macam wahana wisata alam maupun buatan yang menjadi penunjang kota wisata. Misalnya saja wisata alam semacam gunung ,Air Terjun, pemandian air panas, kebun apel, dan juga wisata buatan semacam jatimpark, selecta, museum angkut atau museum transportasi, BNS (Batu Night Spectakular), dan masih banyak lagi.



You Might Also Like :


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Keren Banget...
Kota Batu sekarang menjadi kota pariwisata yang luar biasa dan menmiliki keunikan masing masing