TORONG PARK


Kota Batu dikenal sebagai salah satu hulu dari sungai terpanjang di Pulau Jawa. Di kota Batu terdapat banyak sekali mata air. Salah satunya adalah mata air Torong, yang terletak di Desa Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu. Tepatnya berada di bawah SMP Muhammadiyah 08 Batu, Jl Welirang Batu.


Dahulu, ketika saya kecil. Mata air Torong ini dekat dengan beberapa pemukiman warga dan areal persawahan, rata rata tanaman di sekitar sana adalah tanaman selada air. Ada sekitar 30 areal sawah milik warga yang ditanami oleh tanaman selada air ini.


Seperti kebanyakan mata air lainnya, mata air Torong sangatlah jernih. Selain dipergunakan untuk mandi, air minum, dan keperluan rumah tangga sehari hari. Akan tetapi sayangnya masyarakat di sekitar sini masih kurang memahami betapa pentingnya menjaga mata air. Selain pemukiman yang semakin meluas, sampah sekarang bertebaran di mana mana.
Sepertinya disini perlu dibentuk kesadaran mengenai bagaimana menjaga mata air dan membuang sampah pada tempatnya. Perlu diketahui, Batu  merupakan salah satu hulu dari sungai terpanjang di Pulau Jawa.



No comments: