COBAN CIBLUNGAN

Coban Ciblungan berada di lereng Selatan Gunung Semeru, berada tak jauh di perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Tepatnya berada di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading Malang.

Akses menuju Air Terjun Coban Ciblungan ini cukup mudah, bahkan anda tidak perlu tracking. Dari tempat parkir kendaraan bermotor, anda cukup berjalan tidak lebih dari 100 meter. Meskipun cukup mudah, fasilitas di sekitar coban ciblungan masihlah minim, hanya ada 1 warung kecil di samping loket pintu masuk. Tiket masuk ke Coban Ciblungan pun terbilang cukup murah, hanya 5 ribu rupiah per orangnya.   

Jangan lupa untuk membawa pakain ganti apabila anda hendak basah-basahan. Airnya cukup dingin dan menyegarkan. Dan ingat, bawa pulang kembali sampah anda. Jangan mengotori alam dengan meninggalkan sampah-sampah.

Perjalanan menuju Coban  Ciblungan cukup menyenangkan. Jalannya berkelok-kelok, dan anda akan disuguhkan tepian hutan, sungai yang mengalir, dan sawah-sawah yang hijau membentang. Tentunya anda tidak akan merasa bosan sepanjang perjalanan. Saran saya, sebaiknya anda berhenti di Dampit untuk menikmati kopi robusta dampit yang cukup terkenal.

No comments: