19 Nov 2013

PANTAI SENDANG BIRU


10.58 |



D iantara pantai – pantai lain yang berada di  Malang, yang paling dikenal adalah Pantai Sendang Biru. Pantai Sendang Biru sendiri tepatnya berada Di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.  Pantai ini pula yang memiliki pemukiman padat penduduk. Mayoritas mata pencaharian penduduk di Desa Tambakrejo ini adalah nelayan. Lebih tepatnya nelayan pemburu ikan Tuna. Di Pantai Sendang Biru anda akan mendapati sebuah Tempat Pelelangan Ikan Tuna. Kualitas Ikan Tuna di sini termasuk Grade A.

Untuk mencapai Pantai Sendang Biru cukup mudah, berikut akan saya sertakan potongan dari peta/map kota Malang. Apabila anda tidak pernah mengunjungi kota Malang, anda tidak perlu khawatir tersesat untuk mencapai Pantai ini. Selain akses jalan yang sudah bagus dan mudah, penduduk kota Malang cukup ramah. Jangan segan - segan anda bertanya apabila kehilangan arah. Dari arah kota Malang, anda tinggal menuju ke arah selatan. Pantai - pantai Malang berada di selatan kota Malang.

Petunjuk Mencapai Pantai Sendang Biru

Disini saya menyarankan anda untuk tidak naik publik transport (angkot), dikarenakan lokasi Pantai Sendang Biru tersebut merupakan kawasan pinggiran. Angkot menuju daerah tersebut sebenarnya cukup mudah, akan tetapi anda harus memiliki kesabaran untuk pemberangkatan angkot tersebut. Angkot bisa berhenti berjam-jam untuk menunggu penumpang penuh.


Jalan menuju kawasan Pantai ini cukup berliku-liku, dan melewati sebuah pegunungan. Apabila dengan kendaraan pribadi, dengan kondisi normal, waktu yang diperlukan sekitar 3 jam untuk mencapai kawasan Pantai Selatan Malang ini. 

 Akses Jalan Menuju Pantai - Pantai Malang

 Di hari minggu atau hari libur, pantai Sendang Biru ini biasanya disesaki oleh para pengunjung. Tingkat keramaiannya berbeda dengan hari - hari biasa.


Pantai Sendang Biru ini sebenarnya adalah sebuah Tempat Pelelangan Ikan. Apabila pada musim ikan (biasanya bulan april - agustus), nelayan disini akan panen ikan. Mayoritas ikan yang di dapat adalah ikan tuna. Ikan jenis lain adalah ikan cucut, ikan tengiri, bahkan nelayan di sini sering mendapat ikan hiu.

ikan tuna raksasa
Foto di atas merupakan salah satu ikan tuna raksasa yang berhasil di tangkap oleh Nelayan Sendang Biru. Kebayang nggak, makan ikan tuna sebesar itu. Anda tak perlu bingung, anda dapat membawa pulang ikan hasil tangkapan para nelayan sendang biru yang berukuran kecil. Macam-macam ikan dapat anda temukan di pasar pelelangan ikan sendang biru. 

Apabila anda berminat untuk jelajah pantai Malang sebagai salah satu tujuan wisata anda selama di kota Malang atau kota Batu, anda  dapat menghubungi pihak www.indonesiansuperguide.com sebagai salah satu tour organizer untuk akomodasi liburan anda.
Salah satu paket wisata menarik yang di sediakan oleh Indonesian Super Guide adalah paket out door activity, yaitu paket wisata menginap di Pantai dengan mendirikan tenda (camping). Bagi anda yang tidak pernah tidur di alam bebas, anda akan merasakan suasana tidur langsung di bawah hamparan bintang gemintang, ditemani api unggun yang menyala, dan irama debur ombak. Paket ini tepat untuk putra dan putri anda.
Disarankan anda mengambil paket ini saat musim kemarau.Nikmatilah harmoni malam di tepi pantai bersama keluarga anda. Jauh dari kebisingan dan modernisasi akan membuat anda merasa rileks.
Pada pagi hari, cobalah untuk bermandikan air laut di tepi pantai dengan sinar mentari yang menyapa kulit anda dengan lembut. Dan anda akan lebih bersemangat saat kembali pada rutinitas sehari-hari.

 Foresty Photographer Club Sinar Mas
(tour by Indonesian Super Guide)


You Might Also Like :