AIR TERJUN MADAKARIPURA

Mengunjungi Bromo melalui jalur Probolinggo kurang lengkap apabila anda tidak sekalian mengunjungi destinasi wisata air terjun yang cukup legendaris, yakni air terjun Madakaripura.


Bahkan menurut legenda yang dipercaya masyarakat setempat, di samping air terjun merupakan tempat bertapa dan kemudian moksa (hilang) sang tokoh paling masyhur sepanjang sejarah nusantara, yakni Mahapatih Gajahmada yang terkenal akan sumpah palapa dan usahaya dalam menyatukan Nusantara. Hingga kini, sosok Mahapatih Gajahmada menjadi salah satu sosok paling misterius dalam sejarah nusantara.



Untuk mencapai air terjun Madakaripura, anda bisa menggunakan transportasi pribadi, baik itu roda empat atau roda dua. Jalanan sudah diaspal, meskipun beberapa area terdapat kerusakan agak parah dan cukup lama tidak diperbaiki.  Dari kota Malang atau kota Surabaya di perlukan waktu perjalanan darat sekitar 3 hingga 4 jam. Lokasi air terjun Madakaripura berada di Desa Lumbang, Kecamatan
Ada tempat parkir khusus untuk kendaraan roda 2 dan roda 4. Berikutnya anda harus berjalan kaki sekitar 3 km untuk mencapai titik pusat air terjun madakaripura.


Perjalanan dari pintu gerbang Madakaripura cukup mudah. Jalan sudah di akses cukup bagus, meski harus berjalan beriringan. Anda akan melalui jalur tepi sungai. Setengah kilometer terakhir anda akan melewati sungai dengan beberapa air terjun kecil yang tentunya akan membuat tubuh anda basah oleh air pegunungan yang sejuk dan menyegarkan.






Saran saya, sebaiknya anda membawa baju ganti meskipun ada para penjual mantel plastik di depan pintu masuk air terjun. Terkena rinai dari air terjun Madakaripura cukup menyenangkan, membuat perasaan kita nyaman, rasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh akan terbayarkan oleh pemandangan yang sangat mempesona dan segarnya air pegunungan. Gunakan sandal jepit atau sandal gunung agar perjalanan anda lebih nyaman.






Air terjun dengan ketinggian lebih kurang 15 meter ini menawarkan sebuah pemandangan yang eksotis dengan kolam alami dibawah nya dengan luas diameter sekitar 10 meter. Kedalaman air terjun tidak dapat diperkirakan, karena itu ada larangan untuk tidak berenang di kolam di bawah air terjun.


Oh ya, pada perjalanan pulang anda dapat membeli madu di peternak madu sekitar. Di Desa sekitaran air terjun Madakaripura banyak terdapat peternak madu. Pada perjalanan anda Di Desa Lumbang, anda akan menyaksikan kotak kotak kayu di tepi jalan, kotak itu adalah kotak para peternak madu.



Anda dapat pula mengikuti tour Bromo dan Madakaripura dengan menggunakan jasa tour :
www.indonesiansuperguide.com
Tentunya dengan harga yang ramah dan bersahabat.





No comments: