GROJOKAN SEWU

Gerojokan Sewu bermakna ribuan air yang jatuh, berada di Desa Bendosari Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Tidak sulit menemukan air terjun Grojokan Sewu, karena letaknya tidak jauh dari tepi jalan raya. Apabila anda dari arah Batu, terus saja ke Barat melewati patung sapi yang berada di dekat air terjun Coban Rondo, terus menuju barat ke arah Pare - Kediri.


Berdasarkan penuturan dari Bapak Tukiman selaku juru kunci, Gerojokan Sewu Pujon awalnya dikenal sebagai tempat pertapaan Sunan Ki Ageng Tunggul Wulung Romo Sewu. Kini para pengunjung dapat menikmati akses yang cukup mudah beserta fasilitasnya karena dibangun oleh putra seseorang yang sembuh dari sakitnya selama puluhan tahun. Bahkan tidak sedikit pengunjung yang memanfaatkan air terjun Gerojokan Sewu sebagai tempat terapi maupun pengobatan.



Bangunan di sekitar air terjun bercorak tradisi arsitektur China. Anda akan menemukan patung Budha dan patung Ganesha. Saya pribadi masih cukup kesulitan untuk mendapatkan jawaban korelasi peletakan simbol-simbol keagamaan tersebut.
Apabila anda hendak mandi di bawah air terjun, sebaiknya berhati hati, terutama pada saat musim hujan. Airnya cukup dingin dan menyegarkan. Apabila musim kemarau, debit air hampir tidak ada perubahan.


Tiket masuk ke air terjun gerojokan sewu cukup murah, hanya Rp.10.000,- rupiah untuk tiap orangnya. Di lokasi air terjun anda juga dapat menemukan penjual tradisional yang berjualan makanan ringan dan air minum. 




No comments: